Jumat, 10 Juli 2020

PEMASARAN BUKU SAAT PANDEMI

RESUME KE-18

PEMASARAN BUKU SAAT PANDEMI

OLEH AGUST SUBARDANA, SE, MM, CDS (DIREKTUR PEMASARAN PENERBIT ANDI)

    Pandemi Covid 19 sangat berpengaruh juga pada dunia penerbitan dan pemasaran buku. Diantara dampaknya sebagai berikut:

1.    Jaringan toko tutup selama covid 19

2.    Orang-orang takut datang ke toko buku/mall dan lebih pilih stay at home

3.    Penurunan omset toko buku 70-80 %

4.    Banyak penerbit yang menghentikan distribusi ke toko buku

5.    Beberapa penerbit gulung tikar/tutup

Sebagai antisipasi dampak covid19 terhadap pemasaran buku, maka solusinya adalah bertransformasi ke digital.Beberapa alasan mengapa perlu transformasi ke digital adalah:

1.    dunia telah berubah menuju ke Era low touch ekonomi. era ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik, keharusan cek kesehatan

2.    Perubahyan ini berdampak pada banyak hal, mulai dari perubahan tempat kerja, cara belajar, hingga kehidupan sosial

Strategi utama yang dipakai dalam industri percetakan/penerbitan adalah beralih ke digital marketing (branding, media sosial, content marketing, web desain dll)


Manfaat digital Marketing

1.    biaya lebih terjangkau dan murah

2.    daya jangkauan sangat luas

3.    mudah menentukan target pasar sesuai ketegori

4.    komunikasi dengan konsumen lebih mudah

5.    mudah dievaluasi dan dikembangkan

6.    lebih cepat populer

7.    sangat membantu meningkatkan penjualan

Semoga bermanfaat. aamiin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar